Jenis - Jenis IP Phones

IP PHONE



IP Phone merupakan perangkat yang memungkinkan kita untuk dapat melakukan VOIP dimana kita bisa saling berkomunikasi melalui jaringan internet. IP Phone terbagi atas beberapa jenis namun yang paling terkenal saat ini ialah keluaran Cisco dimana yang telah mendunia saat ini.
berikut beberapa jenis IP Phone beserta dengan penjelasannya :

Ip Phone 9951


Cisco IP Phone 9951 merupakan IP Phone yang cocok untuk video call yang cepat biasanya di gunakan pada perkantoran level tinggi. IP Phone ini memberikan kualitas yang tinggi dalam pengolahan graphic dan juga kualitas gambar yang lebih detail karena resolusi kameranya yang lebih tinggi, komunikasi yang interaktif, multimedia, desain yang elegan, user friendly dan juga ramah lingkungan. 

Ip Phone 9951 memiliki fitur yang lengkap. IP Phone ini dapat melakukan Video call apabila yang di hubungi memiliki kamera, dan apabila tidak, secara otomatis telepon ini hanya akan meggunakan suara. IP Phone ini juga mendukung video conference call  yaitu fitur yang memungkinkan hubungan telepon video lebih dari 2 orang menggunakan video call/chat maupun voice-only/ hanya suara.selain itu, Yang membedakan Ip Phone 9951 ini dengan jenis Ip Phone yang lain adalah fasilitas dan fitur camera video callnya.

Ip Phone 8945


Cisco IP Phone 8945 merupakan IP Phone terbaru yang dikeluarkan oleh Cisco. Produk ini memberikan layanan yang inovatif lagi terjangkau, IP Phone ini memiliki keistimewaan yaitu komunikasi video call jarah jauh hingga ke seluruh dunia. Hal ini dikarenakan untuk memuaskan keluhan para pelanggannya yang dimana di versi sebelumnya hanya daerah tertentu saja yang bisa dicapai. Telepon IP Cisco seri 8945 ini memiliki fitur Bluetooth 2.1 yang memungkinkan pengguna agar dapat meunggunakan headset Bluetooth secara wireless, selain itu seperti seri yang sebelumnya di jelaskan telepon ini juga mendukung video/voice conference maupun personal call.

Pada bagian belakang IP Phone terdapat beberapa port, yang dimana memilik fungsi penting pada IP Phone ini. Pada gambar diatas di perlihatkan isi belakang dari IP Phone seri 8945 ini dimana terdapat 4 buah port dimana port - port ini antara lain port power, port PC, IEEE 802.3af PoE, dan juga port modem, dan headset. Fungsi yang dimiliki antara lain :



1. Port yang tersambung ke sumber listrik 
2. Port yang disambungkan pada kabel LAN
3. Port untuk kabel telepon 
4. Port untuk disambungkan pada headset 


Ip Phone 7975G


Cisco Unified IP Phone 7975G memberikan teknologi terbaru dan kemajuan dalam IP telephony. Hal ini tidak hanya membahas kebutuhan eksekutif dan pengambil keputusan utama tetapi juga membawa jaringan data dan aplikasi untuk pengguna tanpa PC. Ini telepon IP state-of-the-art juga memungkinkan pelanggan dan pengembang untuk memberikan lebih inovatif dan meningkatkan produktivitas aplikasi untuk layar Extensible Markup Language (XML).

 IP Phone ini merupakan IP Phone yang paling banyak digunakan di karenakan harganya yang relatif murah dan cocok untuk dipakai dirumah. IP Phone ini memiliki fungsi yang istimewa yakni kita bisa menggabungkannya dengan perangkat lain seperti televisi. Sama seperti telepon telepon lainnya. Telepon IP milik cisco ini juga dapat melakukan conference call atau telepon multisaluran.

• Keterangan Produk: Cisco Unified IP Phone 7975G - telepon VoIP - dengan 1 x User Connect Licensing (UCL)
• Tipe Produk: Telepon VoIP
• Platform Kompatibel: Cisco Business Edition 3000
• Fitur Utama: Dukungan protokol VoIP multipel, switch Ethernet terpadu
• Protokol VoIP: SCCP, SIP
• Codec Suara: G.722, G.729a, G.729ab, G.711u, G.711a, iLBC
• Baris yang Didukung: Multisaluran
• Speaker Telepon: Ya ( dupleks digital )
• ID Pemanggil: Ya
• Kemampuan Surat Suara: Ya
• Layanan Panggilan: Pesan Suara, ID Pemanggil, Penerusan Panggilan, Transfer Panggilan, Menunda Panggilan
• Layar: Layar LCD - warna - Ya
• Fitur Layar: Wallpaper
• Jml Port Jaringan: 2 x Ethernet 10Base-T/100Base-TX/1000Base-T
• Perangkat Lunak Kompatibel: Cisco Unified Communications Manager 4.1 atau yang lebih baru
• Warna Bodi: Perak, abu-abu tua
• Dibundel dengan: 1 x User Connect Licensing (UCL)

Ip Phone DX650



Cisco DX650 merupakan inovasi cisco yang membuat telepon meja semakin “pintar” dengan menggunakan android yang dibuat khusus sebagai sistem operasi, Karena sistem operasi android inilah penggunaan telepon cisco DX650 semakin mudah karena interface yang “User-Friendly”.
Cisco DX650 memiliki konektivitas berupa Bluetooth, Wifi, dan USB. USB pada perangkat ini dapat men-support headset.

IP Phone ini juga memiliki kelebihan yakni mudah dalam berkomunikasi dalam jangkauan regional oleh karenanya sangat cocok untuk kantor yang ingin mengawasi setiap karyawan dengan cara meletakan IP Phone di meja karyawan. Perlu diketahui bahwa IP Phone ini memiliki layar yang besar dimana dilengkapi dengan kamera yang berkualitas tinggi sehingga membuat tampilannya sangat dynamis. Pada IP Phone ini tampilan desktopnya sangat berbeda dengan tampilan desktop pada IP Phone yang sebelumnya, tampilannya lebih mirip seperti android akan tetapi bukan android melainkan Desktop DX.

Berikut nama – nama port pada Ip Phone Cisco DX650 :



1. Kensington Security Slot (K-Slot)
2. Port micro-B USB                          
3. 3.5-mm stereo line in/out jack         
4. Port kabel power                            
5. Port network
6. Port Computer
7. Port AUX
8. Port USB seri 2.0
9. Port HDMI type A